Kamis, 19 Januari 2012

Kalau Kita Ngomongin PPL

selamet malm semuanya, mulai hari ini gw akan coba nulis semua kehidupan gw tiap hari mungkin ceritanya mirip nulis diari tp engga ko ini namanya nulis cerita sehari-hari di blog beda kan,hahaha....
oh ya hari ini temen2 sekampus masih bingung buat jalanin PPL, yang ternyata mulai dilaksanaiin tgl 24, ya artinya kurang dari 5 hari lagi kita semua akan sibuk ngurusun bocah-bocah (TANPA DIGAJI..!!), malam ni gw mau ngulas beberapa pendapat orang tntang penting atau tidaknya ppl dalam kuliah..
kita liat dlu pengertiannya ini yang pertama kata orang-orang ppl tu artinya Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan media bagi mahasiswa untuk mengaplikasikan dasar profesi. Dalam Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Praktik Pengalaman Lapangan diaplikasikan dalam bentuk praktik mengajar dan kegiatan edukasional lainnya di lembaga sekolah.
trus kalo diliat fungsinya
Praktek Penglaman Lapangan (PPL) ini merupakan kegiatan yang harus ditempuh oleh setiap calon guru agar mempunjyai pengalaman dan keterampilan dalam berbagai segi dan profesi sebagai pengajar. Oleh karena itu PPL ini mempunyai kegunaan untuk mencetak calon tenaga pengajar yang professional serta untuk pola pikir, pola sikap, dan pola tingkah laku yang diperlukan untuk profesi seorang tenaga pengajar.

Mengingat pekerjaan guru adalah pekrjaan professional, maka mahasiswa sebagai calon guru harus dipersiapkan dengan sebaik-baiknya, sehingga memiliki kepercayaan diri dalam mengelola pengajaran. Dengan Praktek Pengalaman Lapangan akan sangat berguna bagi mahasiswa dalam berbagai aspek antara lain :
1. Aspek pengetahuan, mahasiswa dapat memiliki :
• Pengetahuan praktis dalam mengaplikasikan teori pengelolaan kegiatan belajar mengajar.
• Pengetahuan dalam hal menyusun perencanaan mengajar sesuai dasar teori yang mantap dan akurat.
• Pengetahuan dalam hal melaksanakan rencana pengajaran sesuai dasar teori yang matang.
• Pengetahuan dalam hal menilai keberhasilan dalam pelaksanaan pengajaran sesuai dasar teori yang mantap dan akurat.

2. Aspek ketrampilan, mahasiswa dapat memiliki :
• Ketrampilan untuk mengaplikasikan teori pengelolaan kegiatan belajar mengajar dalam kegiatan praktek lapangan, mengelola KBM.
• Ketrampilan menyusun rencana pengelolaan KBM.
• Ketrampilan melaksanakan rencana pengajaran dalam KBM.
• Ketrampilan menilai keberhasilan pelaksanaan pengajaran.

3. Aspek sikap, mahasiswa dapat memiliki :
• Sikap sebagai guru professional.
• Sikap pengabdian pada tugas profesionalnya.
• Kemantapan diri dalam menjalankan tugas profesionalisme sebagai guru.
• Kesadaran bahwa guru senantiasa terus menerus meningkatkan kualitas dirinya sehingga dapat menyesuaikan diri dengan tuntutan profesional guru zaman pembangunan dan teknologi.

trus tujuannya
Sebagai paket peningkatan pengembangan kemampuan calon guru, khususnya kemampuan profesionalnya. PPL diharapkan dapat memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk memperoleh pengalaman lapangan dalam pengalaman nyata. Dengan demikikian PPL memiliki tujuan :
1. Memberikan kesempatan untuk memperoleh pengalaman nyata dalam mengaplikasikan teori KBM (Kegiatan Belajar Mengaajar) yang diperoleh selama dalam pendidikan.
2. Meningkatkan kompetensi professional dalam hal pengelolaan KBM.
3. Mendorong mahasiswa sebagai calon guru untuk senantiasa mawas diri terhadap kegiatan yang akan dan sedang dilaksanakan sebagai pangkal tolak meningkatkan kemampuan profesionalnya.
4. Memberikan pengalaman lapangan nyata sebagai usaha meningkatkan ketrampilan pengelolaan KBM.
5. Membentuk dan mengembangkan kompetensi professional bagi calon guru sebelum terjun langsung di lingkungan pendidikan.

tuh penting ternyata ya, jadi ayo kita semangat dah walau tetep lebih suka kuliah biasa,hahaha...thatha

Tidak ada komentar:

Posting Komentar